Pahlawan kesehatan budaya Indonesia: mboe jamu yang tangguh

Di pagi hari yang cerah, ditemani sinar matahari yang mengintip dari celah-cela awan pagi yang masih buram. Pikiran ku menjemukan dan badanku berasa kurang fit, pikirku saatnya mencharge badan ini dengan santapan lari pagi. Agar paru paru terisi oleh udara bersih di pagi hari serta mengeluarkan racun-racun akibat seminggu berkutat dengan aktivitas. Aku lari dengan rute biasa yang kulewati. Ga lupa aku melihat ke kiri jalan mencari penjual jamu yang sudah lama tidak kunikmati. Di akhir lari pagi akhirnya aku menemukan penjual jamu langganan di sekitar rumah. Dia mangkal di pinggir jalan. Langsung Ku pesan, mboe jamu campur mboe, pahit. Oh si aa udah lama ga keliatan, kata si mboe jamu. Langsung di raciklah ramuan jamu buat ku, ga lama ada mobil berpapasan dan posisi tukang jamu pun menghalangi. Aku secara sigap pun mencoba memindahkan perkakas jamu mboe sembari Peramu sedang meracik jamunya. Tas anyaman aku pindahkan enteng ke pinggir,mudah. Lalu masi tertinggal bawaan berharga mboe, bakul berisi botol-botol jamu beraneka warna dan rasa, dengan sigap aku pun mencoba memindahkan bakul tersebut. Si mboe langsung berkata jangan Aa berat itu..aku coba angkat saja.. Dengan berat dan napas ter engos-engos emang berat mboe haha. Ku habiskan jamu ku dan aku dapat pelajaran berharga, yang pertama mungkin mboe jamu pada kuat-kuat ya akibat minum jamu bisa mengangkat bakul yang seberat itu keliling dijajakan. mungkin itulah bukti dari energi yang di berikan oleh jamu. yang kedua betapa tangguhnya mboe penjual jamu mengangkat jamunya berkeliling menjajakan minumannya, benar wanita yang tangguh..

Advertisements

Leo and calypso 

  
Menghabiskan waktu senggang dengan membaca buku, ketika libur, atau sisa waktu ketika pulang kantor dan memanfaatkan waktu yang sedikit untuk membaca novel kesayangan. Iya sekedar baca buku aja mengisi waktu walaupun libur, maklum jomblo daripada mikir yang aneh-aneh. Aku membaca novel yang cukup menarik dan sudah mendapatkan beberapa best seller buku karangan Rick riordan yang berjudul the house of hades. Sudah beberapa buku karya beliau aku baca tapi ada bagian yang menarik di bab LII hal 416 SD 425.

Begini kisahnya ada seorang demigod( manusia setengah dewa) bernama Leo dia merupakan anak dari dewa hespateus mungkin orang Yunani menyebutnya dewa perkakas. Dia bersama teman-temannya seperti cerita pahlawan mencoba menyelamatkan bumi karena ada gangguan dari Dewi purba yang ingin mendominasi dunia. Dilakukanlah perjalanan Leo dan kawan- kawan dari newyork menuju daerah antah berantah di bumi lain menuju rumah hades dengan tujuan untuk menutup pintu kematian sehingga membuat monster- monster terjebak didalamnya. Tak disangka di tengah perjalanan Leo dkk diganggu oleh Dewi salju dan saudaranya. Dihempaskan lah Leo ke sebuah pulau bernama ogygia yang terpencil dan tidak berada di peta manapun. Disanalah terjadi pertemuan antara Leo dan calypso. Leo terdampar di pesisir pantai pulau tersebut lalu didatangi oleh seorang wanita yang terlihat seperti Dewi bergaun putih. Sang Dewi ( calypso)berkata”siapa kau buat apa masuk ke pulau ku sana pergi. Sepertinya para dewa Dewi sedang mengejek ku dengan mengirim orang sepertimu terdampar ke pulau ku. Leo merasa sewot hei aku juga tidak mau disini aku mau kembali ke teman-teman ku yang dalam perjalanan menyelamatkan dunia kita.calypso tidak bergeming sana pergi ke pinggir pulau nanti akan ada rakit sihir yang akan mengantarkan mu keluar pulau. Oke kata Leo. Sesaat dia menuju kesana bersama calypso tapi ternyata rakit sihir tersebut tidak ada. Calypso pun kembali mengutuk kepada dewa Dewi kenapa begini apa kalian mau meninggalkan kami berdua di pulau ini. Calypso pun kembali di kediamannya di dalam gua di tengah- tengsh pulau Leo pun mengikutinya dan takjub baru melihat pertama kali taman yang begitu indah di tengah-tengsh pulau dengan berbagai macam tanaman pertanian yang tertata rapi dan tumbuhan hias serta taman air mancur. Calypso pun membentak Leo untuk pergi dari tempatnya dan tinggal di bagian lain pulau. leo pun mencoba mencari tempat untuk tinggal sementara di pulau tersebut dengan mencari bahan-bahan yang bisa digunakan untuk kembali ke teman- temannya. Selagi ia membuat bangunan dam mulai menyusun perkakas yang dibutuhkan untuk keluar pulau, calypso mencoba menjenguk Leo dengan membawakan makanan dan pakaian yang dijahit oleh calypso. Apa yang sedang kau kerjakan,kata calpso. Ya kau tidak lihat aku sedang membuat semacam alat untuk bisa memantau dimana rekan- rekan ku berada. Bisa aku bantu. Ya boleh semampunya saja ya. Leo amat terkejut melihat Dewi seperti dia mau melakukan pekerjaan bengkel seperti itu dan cukup cekatan dalam mengerjakannya. Calypso pun memberikan baju yang dia jahit untuk diberikan kepada Leo. Ternyata ukurannya pas. akhirnya setelah berapa lama mesin yang dibuat Leo pun bekerja dan dia secara samar-samar dapat memantau teman-temannya yang ternyata sedang berjuang menyelamatkan bumi dari serangan para monster. Tiba-tiba dari dalam tanah Leo dan calypso berdiri pasir mencuat ke atas dan menjelma menjadi Dewi bumi gaea yang ingin menghancurkan dunia. Gaea langsung memprovokasi calypso untuk membunuh Leo dengan janji akan membebaskan calpso dari kutukan pulau tersebut yang telah memenjarakan ya disana selama puluhan tahun. Langsung calypso pun memberontak dengan berkata nek pergi dari pulau ku jangan menginjakkan kaki mu lagi disini. Fiuh Leo merasa nyaman. Lalu calypso pun segera menarik Leo dan berkata ayo teman-temanmu butuh bantuan aku akan bantu kau keluar dari pulau ini. Tidak lama kemudian mereka berdua bergegas menyiapkan barang yang ada untuk dikumpulkan Leo. Terjadi perbincangan antara leo dan calypso. Kapan kira-kira pekerjaan ini akan selesai senhingga kau mampu membuat perahu untuk kembali ke teman-temanmu. Ya kira- kira butuh waktu seminggu, kata Leo. Leo merasa nyaman walaupun akan butuh lama bertemu teman-temannya lagi. Tapi tiba- tiba perahu sihir terlihat di pesisir lalu calypso pun segera mengajak Leo dan membawa perbekalan yang diperlukan dalam perjalanannya. Disitulah mereka berpisah antara Leo dan calypso. Calypso harus tinggal di pulau untuk beberapa lama lagi karena kutukan dari dewa- Dewi dan pulaunya pun tidak bisa ditemukan oleh siapapun walau sebelumnya pernah pergi kesana karena pengaruh sihir. Leo pun berpamitan kepada calypso dan berjanji dalam hatinya. Demi sungai styx aku akan kembali lagi ke pulau tersebut dan akan menjemput calypso(sumpah tersebut merupakan sumpah sakral yang hanya bisa dibatalkan oleh nyawa dalam kehidupan dewa Dewi). Wes keren bgt Leo.. Oke kisahnya smpe situ dulu blum selesai juga sih baca bukunya tapi cukup worthed untuk kisah yang seperti itu. Terimakasih

 

Oleh Yari tri s, Bogor

 

HELLO CIAPUS

CURUG

Halo, udah lama ga buka blog n nulis lagi, gak nyangka ya kesibukan pekerjaan dan rutinitas sana-sini bikin waktu berjalan begitu singkatnya. Minggu kemarin aku jalan dengan teman ku ke sebuah kawasan wisata alam Bogor di daerah ciapus. Perjalanan menuju lokasi cukup menarik karena diliputi tanjakan tetapi menyejukkan dengan latar belakang pemandangan gunung salak yang megah dan misterius. Sampai disana kami bertemu dengan pos masuk wisata tersebut, seperti biasa kami diminta untuk melakukan pembayaran retribusi, setelah selesai pembayaran dan beberapa pertanyaan serta argumen, kami akhirnya lanjut melakukan perjalanan. Ini yang mengejutkan tidak sampai lima atau sepuluh meter dari pos awal kami melakukan pembayaran retribusi ada pos jaga lain yang meminta kami melakukan pembayaran masuk yang mengakunya berasal dari dinas kehutanan setempat cagar wisata dan menyatakan bahwa pos sebelumnya yang telah kami lewati itu ternyata pos yang dibuat oleh masyarakat desa sebagai pemasukan desa. Tentu saja kejadian tersebut bikin sewot, aneh masa hanya dalam jarak lima meteran ada dualisme pos, lucu. Kami semua merasa terganggu akan hal tersebut dan tidak pas. Melihat kondisi tersebut menunjukkan bahwa tidak ada kepraktisan dalam layanan cagar alam dan tidak ada itikad baik dari warga desa yang ingin mencari keuntungan tanpa melihat dari aspek lain yang dapat menimbulkan konflik dan ketidaknyamanan pengunjung. Kami semua hanya berpikir, ya itulah orang indonesia dengan pola pikir masyarakatnya yang seperti itu. Semoga hal tersebut dapat dijadikan bahan temuan oleh pejabat setemapt untuk segera dilakukan perbaikan ke depannya..karena begitu sayangnya keindahan alam kota bogor yang jadi tidak nyaman karena kondisi saling ingin menang sendiri oleh beberapa pihak. love Bogor.

Pejuang kelas SD

images

ada kisah yang menarik ketika melihat di acara sebuah televisi terdapat suatu keluarga yang dari ayah ibu dan kakak mengalami gangguan jiwa, tetapi hanya sang adik yang masih normal. iya betul hanya satu orang yang masih waras di keluarga itu, itupun hanya berumur kelas SD. sisanya menderita penyakit seperti gangguan syaraf yang tidak bisa bertindak sebagaimana mestinya*kurang waras*. sang adik yang sekelas anak 5 sd memenuhi kehidupan keluarganya dengan berjualan gorengan dan bantuan dari sekolahannya. dengan hasil itu ia mampu memberi makan keluarga walaupun seadanya. ia sangat bahagia walaupun hanya bisa membeli beras raskin dicampur dengan indomie dan dimakan lahap oleh ayah dan keluarganya. walaupun berumur sekitar 12 tahunan anak tersebut terlihat sangat kuat dan dewasa menyingkapi keadaan yang dialami oleh keluarganya, tentunya ada support dari para sespupunya yang selalu menjaganya. baru tersadar ternyata di dareah yang jauh disana masih ada yang mengalami hal atau ujian seperti itu atau bahkan lebih berat lagi, kadang suka malu dengan keadaan sendiri yang hanya dihadapkan hal sulit sedikit saja sudah memberontak minta ampun. so terus berusaha kawan pasti ada jalan keluar,tentunya pemerintah segera tanggap akan hal itu.

TRANSPORTASI PUBLIK NYAMAN..MANA!?

angkot bgr

jalanan kota bogor semakin penuh dan sesak, tadi siang aku mencoba berangkat dari rumah sekitar gunung batu untuk mencapai lokasi kuliah di sekitar pajajaran. cape dan melelahkan, banyak penumpukan kendaraan umum maupun angkot yang tidak pada tempatnya untuk ngetem di sekitar stasiun bogor,ditambah kondisi cuaca yang panas apalagi naek motor, kya lagi dalam proses penghapusan dosa di alam barzah. aku secara pribadi mulai merindukan trasportasi publik yang nyaman. seperti diluar negri gtu berangkat kerja tunggu di halte dengan santai naik trasportasi publik yang nyaman dan bersih. itu juga mungkin yang dirasakan oleh masyarakat umumnya,karena mungkin yang menggunakan kendaraan pribadi sudah mulai jenuh dengan kemacetan yang ada da ingin merasakan nikmatnya trasportasi publik.jadi kepada kang bima walikota bogor,moga bisa diperbaiki ya trasport publik yang udah smemerawut di kota bogor,,selamat bekerja

My Rythm n Blues

guitar

sudah lama ga ngeblog ,kerjaan yang numpuk dan hal-hal pekerjaan di dunia yg jadi list harus dikerjakan memang jadi banyak dan menyita pikiran.jenuh.bahkan dp bb ku pun ga ada gambarnya, rasanya pengen semedi di gunung lawu eh bukan, maksudnya memang ingin menyendiri dulu memfokuskan pikiran pada hal yang baik-baik. sebelumnya pilpres sudah selesai dengan penyelesaian yang ga ada habisnya , trus sekarang ada isu kenaikan bbm yang buat antrian SPBU kaya uler. apa orang indonesia segitu ga banyak uangnya apa ya ampe ga mau kehilangan bbm subsidi setetes pun.aku coba ngisi kekosongan tersebut, mumpung ada gitar kopong aku coba merelaksasikan pikiran dengan melatih beberapa lagu-lagu, lirik dan petikan instrumental. saat ini mungkin gitar kopongku jadi teman sejatiku dulu,lets rocks..

KITA BUAT SEJARAH BARU

9 JULI 2014

google vote

Lima tahun ke depan kita akan dipimpin oleh pemimpin baru Indonesia. 240 juta rakyat menjadi tanggung jawab beliau yang akan memimpin nanti. Pemilu di indonesia akan dimulai pada tanggal 9 juli 2014 disinilah harapan dan ekspetasi baru bangsa indonesia menderu untuk indonesia yang lebih baik. Dalam pemilihan kali ini akhirnya aku bisa mencoblos setelah sebelumnya pada pileg kemarin belum terdaftar di DPT. Dalam kampanye masing-masing calon saling memaparkan visi misi bahkan opini-opini yang dibuat oleh partai pendukung. Tujuannya tentu saja agar pemilih menentukan pilihannya kepada calon dari partai yang di dukungnya, bahkan cenderung terdapat kampanye hitam yang semakin marak untuk saling menjatuhkan bahkan fitnah menjadi hal yang halal!. Aku sendiri teringat kisah-kisah kerajaan jaman dahulu, dimana bila rakyat menemui kesulitan atau ada keluhan maka dia akan datang ke istana raja dan menyampaikan keluh kesahnya kepada raja, berharap raja memberi solusi yang terbaik. Mungkin aku sendiri dalam memilih pemimpin yang akan memimpin indonesia kelak menggunakan metode seperti itu, jikalau aku punya masalah atau persoalan dan mengadu kepada raja atau dua calon presiden tersebut kira-kira dari dua calon tersebut siapa yang akan memberikan solusi terbaik. Yang mengayomi warganya, mengarahkan dengan jalan yang benar tidak menghardik rakyat kecil serta mengerti dan berusaha dengan akal dan keringatnya untuk menyelesaikan persoalannya. Dengan perspektif tersebut aku dapat menentukan pilihan dengan melihat sudut pandang antara kedua calon presiden tersebut. Semoga kita diberikan pilihan yang terbaik karena kita tidak mau dipimpin oleh pemimpin yang salah dan kesusahan dalam lima tahun ke depan. Ayo kita buat sejarah baru. #Akhirnya milih…